Di Duga" Akibat Lemahnya Pengawasan Dari Pihak Terkait Program BST Di Kecamatan Ci lograng Tidak Tepat Sasaran

 

Lebak ,hariantempo.com-Program bantuan sosial tunai( BST)  berupa uang tunai yang di berikan oleh pemerintah kepada keluarga miskin, tidak mampuh,atau rentan yang terdampak pandemi Corona virus desease 19( covid 19).dengan program BST keluarga penerima manfaat( KPM) sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di masa pandemi.

Namun sayang amanah yang diberikan oleh pemerintah kepada KPM, diduga akibat lemahnya pengawasan dari pihak terkait Sehingga banyak yang tidak sampai kepada yang berhak menerima atau tidak tepat sasaran, hal ini terjadi di kampung ci kantong desa ci jengkol kecamatan cilograng kabupaten Lebak Banten.

Seperti yang di alami oleh beberapa warga masyarakat kampung Cikantong, berinisial YH,KR,RS,CH,Dan yang lainya.mereka merasa bahwa haknya tidak di berikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.pasalnya mereka telah mengecek di handphone android dengan mengacu kepada identitas,jelas nama mereka muncul dan sah selaku penerima bantuan BST.

Secara bersamaan YH,KR,RS,CH,dan yang lainnya,memberikan informasi kepada awak media, kami heran biasanya kami mendapatkan bantuan BST,tapi sekarang tidak, padahal kami cek di HP Android nama kami muncul dan jelas disitu kami selaku penerima BST. Coba tolong kami pak,kami orang yang awam,apakah data dari pusat itu bohong?. Ataukah memang hak kami tidak di kasih oleh oknum pemerintah yang terkait ?.

Sambil menyerahkan identitasnya mereka minta tolong untuk di cek kembali.kami minta tolong pak,dimasa seperti ini, kami sangat membutuhkan uang bantuan tersebut.tapi kalau memang kami tidak dapat ,dan sesuai dengan data pemerintah pusat kami sadar,tetapi kalau dari pusat kami adalah selaku penerima bantuan, jadi siapa yang curang atau yang mengambil hak kami. Ungkapnya.

Di tempat terpisah.Riki pirmansyah selaku ketua lembaga suadaya masyarakat ( LSM) GMBI kecamatan cilograng saat di konfirmasi terkait kejadian seperti itu mengatakan.
Hal ini sudah pernah terjadi di salasatu desa kecamatan cilograng, insyaallah dalam waktu dekat saya akan melayangkan surat audensi ke kecamatan cilograng. Saya juga sudah melakukan konfirmasi kepada pihak pos dengan kejadian yang sama.

Untuk selanjutnya saya dan tim akan turun lagi kelapangan melakukan investigasi ulang, observasi untuk bahan kajian kami dalam menindak lanjuti permasalahan ini. Apa bila ini terbukti siapapun oknumnya yang telah melakukan pelanggaran hukum,maka kami dan tim akan mengawal permasalahan ini sampai tuntas. Tegasnya.

Awaludin selaku tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK )di kecamatan cilograng yang berkaitan dengan pengawasan program tersebut di atas,saat di konfirmasi via WhatsApp Sabtu 14/8/2021tidak ada jawaban,sampai berita ini di terbitkan.

Reporter: (Suhendi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.