Disnaker Tanggamus Siap Layangkan Surat ke PT.Windu Mantap Mandiri Tekait Tidak Lapor Tahun 2021

Tanggamus,(Hariantempo.com)- Menelusuri penemuan DPC Komunitas Maritim Indonesia (Kommari) Tanggamus terkait dugaan pelanggaran PT. Windu Mantap Mandiri Pekon Tengor, Kecamatan Cukuh Balak, awak media mencoba mendatangi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tanggamus, Selasa (01/12/2021).

 

Kedatangan awak media ke Disnaker Tanggamus untuk menanyakan apakah Perusahaan Tambak Udang tersebut melaporkan jumlah karyawannya ke Disnaker.

Kabid Ketenaga Kerjaan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tanggamus. Iswandi, mewakili Kepala Dinas Aswin Dasmi mengatakan kepada awak media, di data kami PT. Windu Mantap Mandiri melaporkan karyawannya pada Tahun 2020 ada 92 orang. Sedangkan Tahun 2021 mereka tidak melaporkan.

 

Ketika ditanya tentang adanya perbedaan jumlah karyawan yang dilaporkan oleh PT. Windu Mantap Mandiri ke Disanker dengan data Surat Penangkaran dan Budidaya Ikan (SPBI) dari Dinas Perikanan Tanggamus yang di peroleh awak media, dimana mereka melaporkan jumlah karyawan 43 orang sedangkan data di Disnaker 92 orang.

 

Iswandi menjawab, mungkin karena Recofusing kemarin terjadi pengurangan karyawan. Seharusnya terjadi pengurangan juga mereka melakukan tembusan ke Disnaker.

 

“Ini belum ditembuskan sama mereka, apakah dirumahkan sementara atau di PHK, atau mereka memang tidak memberikan data yang benar, itu yang kita harus tau. Untuk perusahaan setiap awal Tahun wajib melaporkan jumlah karyawannya ke Disnaker,” tegas Iswandi.

Iswandi menambahkan, Dikarenakan pihak PT. Windu Mantap Mandiri belum melaporkan jumlah karyawannya Tahun 2021, kami dari Disnaker Tanggamus akan menyurati dan meminta mereka segera melaporkan jumlah karyawan saat ini berapa, kondisi dan situasi Perusahaan tersebut bagaimana, masih aktif atau tidak.

 

Terkait apakah karyawan PT. Windu Mantap Mandiri di daftarkan ke BPJS Kesehatan atau Ketenaga Kerjaan, silahkan Konfirmasi langsung ke Pihak BPJS. “Karena perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya di BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan,” pungkas Iswandi.

 

Selain mendatangi kantor Disnaker Tanggamus, awak media juga akan mengecek ke Dinas-Dinas terkait untuk memperoleh informasi terkait dugaan pelanggaran lainnya yang dilakukan oleh PT. Windu Mantap Mandiri. (Red)

Reporter: (Rohmansyah/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.