Luapan Way Tenumbang 2 Jam, Puluhan Rumah Terendam

HARIANTEMPO.COM-Pesisir Barat – Hujan deras yang menguyur Kabupaten Pesisir Barat selama kurang lebih 2 jam menyebabkan beberapa aliran sungai meluap. Aliran sungai Way Tenumbang, Pekon Sukarame, Kecamatan Pesisir Selatan, hingga ke pemukiman warga, sekitar pukul 19.30 WIB, Jumat (02/04/2021) malam.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Riza Fahlevi, mengatakan luapan sungai Way Tenumbang memang sudah sering terjadi di wilayah ini terutama saat hujan deras, seperti sekarang ini sehingga mengakibatkan sungai meluap dan terdapat sekitar puluhan rumah warga tergenang banjir.

Bahkan, genangan air sampai ke ruas badan jalan lintas barat (Jalinbar) sehingga menyebabkan kemacetan kendaraan, karna harus bergantian jalan dengan lawan arahnya.

“Ketinggian genangan banjir itu sampai satu meter, mudah-mudahan kondisi banjir ini cepat surut,” katanya

“Kami dari komisi II dan Tim anggaran akan berupaya untuk mengusulkan pembuatan geronjong, jadi biar tidak naik lagi ke rumah – rumah warga dan ini harus di perioritaskan karna ini sipatnya urgen. karna ini sudah pernah di usulkan dari tahun 2013 tapi sampai sa’at ini masih belum di realisasikan”. Ujarnya

Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa namun untuk binatang peliharaan seperti kambing sudah ada 10 Ekor yang hanyut terbawa arus, sedangkan untuk kerugian lain belum ketahuan yang jelas warga Pekon Sukarema mengalami kerugian. Jelasnya

Masih di tempat yang sama Tando seorang warga berharap,pemerintah daerah untuk ada solusi mengingat kejadian kerap terjadi dalam satu tahun bisa 3 (tiga) kali.
” Jadi saya minta ke pemerintah supaya ada solusi, karena dalam satu tahun bisa tiga kali” harapnya.

Masyarakat bersama anggota kepolisian setempat masih berjaga untuk mengantisipasi banjir susulan.

Laporan : Andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.