MTs Miftahul ihsan Cilograng diduga melakukan pungutan terhadap Wali Murid Dimasa Pandemi Covid-19

 

Lebak-Hariantempo.com-MTs Miftahul ihsan diduga melakukan pungutan liar sejumlah biaya untuk keperluan sekolah kepada wali muridnya. Wali murid dibebani pembelian seragam batik,sampul rapot,bandulan,sewa sound untuk acara kenaikan kelas siswa/siswi.

dengan dalih untuk keperluan kenaikan kelas disekolah MTs Miftahul ihsan dibebankan kepada wali murid, untuk biaya tambahan bagi siswa itupun ditentukan jumlahnya, total lebih dari Rp. 300.000,- untuk beli seragam batik sampul raport,ijasah,bandulan dan lain-lain.

Sekolah Miftahul ihsan yang beralamat jln raya bayah- cibareno desa gungn batu kecamatan cilograng kabupaten Lebak provinsi Banten 03/06/2021

Dimasa yang sulit, apalagi sekarang pandemi Covid-19 masih berlangsung, tetap ada pungutan untuk anak sekolah, padahal sekolah tersebut sudah ada Dana BOS,sekolah swasta maupun negri pemerintah tetap mengucurkan anggaran dana BOS,dan jika dana bos tersebut digunakan untuk apa saja?.

Apabila mengatasnamakan Komite sudah jelas diatur dalam Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 yang menegaskan bahwa Komite Sekolah baik perseorangan maupun kolektif juga dilarang melakukan pungutan dari peserta didik atau orang tua/walinya.

Komite sekolah hanya boleh melakukan penggalangan dana dari bantuan dan/atau sumbangan dan jumlahnya pun tidak boleh ditentukan.

Jadi intinya dari Permendikmud No 75 itu pihak sekolah tidak terlibat. Namun apabila pihak sekolah melibatkan dalam perkara ini, sesuai Permendikbud No. 44 Tahun 2012 bilamana pihak sekolah meminta sejumlah biaya yang ditentukan itu sudah termasuk pungli,.

Kepala sekolah Mts ” iba Hambali” dikonfirmasi via Whatsap mengakui bahwa disekolah tersebut benar melakukan pungutan itu juga hasil keputusan bersama karena terbentuk secara kepanitiaan dan panitianya pun adalah komite menurut iba Hambali via Whatsaap.

Itu hasil musyawarah pak,kan dibentuk secara kepanitiaan,dan hasil kesepakatan bersama.karena panita tersebut adalah komite.kata “Ibahambali” kepala sekolah Mts Miftahul ihsan.

Pewarta; (sumantri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.