Peringati HMPI, DKLH Papua Barat Tanam 800 Pohon di Danau Ayamaru Maybrat

Maybrat, (Hariantempo.com)-Dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021 yang jatuh pada 28 November nanti, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua Barat mengadakan kegiatan penanaman 800 bibit pohon di sekitaran Danau Ayamaru Kabupaten Maybrat, (25/11/2021).

Pohon yang ditanam berupa tanaman fungsi rehabilitasi yakni bibit Pohon Mahoni, kemiri, dan bibit jambu arman yang merupakan tanaman ciri khas atau asli setempat. Selain bibit pohon, ada beberapa bibit tanaman hias lainnya seperti tanjung, dan lodokan juga ditanam pada kesempatan itu secara simbolis.

Kepala Dinas Kehutanan Dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua Barat, Hendrik Runaweri menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari sosialisasi dan kampanye gemar menanam serta kegiatan penanaman pohon di sekitaran danau Ayamaru. Ia berharap pohon yang ditanam dapat bertumbuh dengan baik agar membantu menyimpan dan menyuplai air serta dapat mencegah laju sedimentasi. Hal ini dilakukan sehingga air danau kembali berjalan normal dan dapat mempengaruhi kehidupan di danau itu sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

“Kita merasa prihatin dengan danau Ayamaru karena selain sebagai potensi penyimpan air, disamping itu merupakan potensi yang kalau kita kembangkan baik dapat mendatangkan inkam dari sektor pariwisata. Disekitar Danau ini kalau dibuat vila-vila untuk orang yang berlibur yaa bisa kesini. Intinya ini kita lakukan untuk melatih setiap orang supaya gemar menanam dulu,” kata Hendrik

Lanjutnya, program menanam pohon ini merupakan program bergilir yang dilakukan setiap tahun di Kabupaten Kota di Papua Barat, diamana pada tahun ini difokuskan di Kabupaten Maybrat dengan tempat sasaran atau lokus kegiatan yakni Danau Ayamaru.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melalui Staf Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Papua Barat, Niko Tikei
pada kesempatan yang sama menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengatakan kegiatan ini sangat membantu pemerintah setempat terutama warga yang berada di sekitar danau.

“Kami pemprov Papua Barat sangat mendukung karena ini memang kepentingan untuk masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Maybrat terutama mereka yang ada di sekitar Danau Ayamaru. Kan sekarang kalau dilihat Danau ini dalam keadaan sudah mulai mengering karena ini perubahan iklim yang terjadi alami maka tentu harus dibenahi dengan baik,” ujarnya.

Bupati Maybrat, melalui Sekda Jhoni Way Jhoni Way mengatakan, menanam pohon penting demi keselamatan bumi Maybrat dan bumi Papua Barat pada umumnya. Menurutnya, kawasan di sekitar Danau Ayamaru harus dihijaukan sehingga ketersediaan air tetap selalu ada dan menjadi sumber kekehidupan bagi warga Maybrat secara berkelanjutan.

“Kami juga berharap untuk tetap bersama-sama merehabilitasi lingkungan dan hutan yang ramah dan bebas polusi di Kabupaten Maybrat. Karena warga yang dipinggiran danau Ayamaru juga menggantungkan hidupnya di disana,” kata Sekda.

Kegiatan ini terpantau berlangsung hikmah dan meriah. Hadir pada kesempatan tersebut sejumlah dari Pejabat Pemprov Papua Barat, Pejabat Lingkup Lingkup Pemda Maybrat, Para Almamater alumni Kehutanan UNIPA Manokwari, TNI Polri, pimpinan organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan lainnya.(red)

Reporter: Eddwin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.