Stok Hewan Kurban Pada Idul Adha 1442 Hijriah di Pastikan Aman

METRO ,Hariantempo.com— Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro memastikan stok hewan kurban pada Idul Adha 1442 Hijriyah dipastikan aman.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro, Heri Wiratno SP saat mendampingi kepala dinas perternakan dan kesehatan hewan provinsi lampung Lili Mawarti M.SI, berkunjung ke tempat penggemukan sapi, di kelurahan Banjar sari, kecamatan Metro utara, kamis (3/6/2021).

Dalam kesempatan itu Kepala DP3 Kota Metro mengatakan untuk ketersediaan hewan kurban jelang Idul Adha di Kota Metro dipastikan cukup, baik itu sapi maupun kambing.

“Untuk sapi pihaknya telah menyiapkan stok untuk kurban sekitar 2 ribu ekor dan kambing berjumlah 400 ekor,” katanya.

Dirinya memperkirakan untuk permintaan hewan kurban tahun ini, tidak jauh beda dengan tahun kemarin, karena kita masih dalam masa pandemi, dimana pada tahun kemarin sapi yang di gunakan untuk berkurban hanya 1,600 ekor.

“Selain memastikan ketersediaan hewan kurban, pihaknya juga akan memastikan kondisi hewan kurban ini, dalam keadaan sehat dan aman untuk dikonsumsi,”jelasnya.

Selain itu pihaknya nanti menjelang hari raya Idul adha, akan melakukan sosialisasi tentang penanganan daging kurban kepada seluruh juru sembelih hewan (juleha) di Kota Metro.

“Dalam sosialisasi nanti akan di sampaikan cara menyembelih hewan kurban secara syariat islam dan cara memberlakukan hewan serta keamanan daging,” ungkapnya.

Sementara itu kepala dinas perternakan dan kesehatan hewan provinsi lampung Lili Mawarti M.SI, menyampaikan untuk stok hewan kurban untuk provinsi lampung pada Idul Adha nanti cukup.

“Untuk stok hewan kurban jenis sapi dipastikan aman, dan dipastikan adanya surplus,” katanya.

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya juga telah membentuk Tim satgas Pengawasan Hewan Kurban Provinsi Lampung.

“Tugas satgas nantinya memeriksa semua hewan kurban yang hendak dijual pedagang, apakah layak untuk dikonsumsi, lalu kondisinya apakah sesuai ketentuan untuk berkurban, dan terhindar dari penyakit,” terangnya.

Selanjutnya dirinya juga mengemukakan bahwa provinsi lampung merupakan salah satu daerah penyuplai stok hewan kurban jenis sapi ke daerah lain, seperti jakarta dan daerah lainnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.