Warga Desa Teluk Labuan Beserta Kades Benahi Sampah Di Pesisir Pantai

 

Pandeglang, hariantempo.com Nasional

Belum lama ini terjadi cuaca yang  buruk di pantai Desa Teluk,Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang,Banten yang mengakibatkan sejumlah material sampah berserakan di bibir pantai.

Dengan adanya hal tersebut, tumpukan sampah menutupi jalan dan pekarangan di rumah Warga.

Tarjiman,seorang warga menjelaskan kepada awak media terkait banyaknya sampah yang sebagian menutupi badan jalan.

“Banyaknya sampah ini adalah hasil dari  cuaca buruk pada beberapa hari di tempat kami, sehingga, sampah yang dulu di buang oleh masyarakat di pesisir tergerus dan naik ke jalanan,” ucap nya .

(14/12/2021)

Lebih lanjut,ia menerangkan jika dalam hal ini hampir sebagian besar warga Desa Teluk berjibaku bergotong royong bersama membersihkan sampah yang bertebar di sepanjang jalur pantai.

” Melihat hal tersebut,kami selaku masyarakat merasa memiliki tanggung jawab kepada pemerintah Desa.Maka kami adakan gotong royong,” tuturnya.

Hamparan sampah yang terlihat membuat tak layak bagi kawasan Kuliner pantai Teluk Batako, sehingga masyarakat  dengan Kepala Desa bersama menanggulangi sampah.

“Kami sifatnya hanya mendampingi dan memfasilitasi masyarakat, yang merasa memiliki  tanggung jawab terhadap lingkungan.Maka kami ikut bersama dengan masyarakat, artinya bergotong royong,” ungkap Sofyan Hadi selaku Kepala Desa Teluk.

Sofyan juga menjelaskan jika dalam gotong royong tersebut menghasilkan pengurangan sampah yang sangat fantastis.

“Alhamdulillah, dari hasil gotong royong beberapa hari ini masyarakat sudah banyak mengurangi tumpukan sampah yang ada di pesisir.Dan langsung di buang ke tempat pembuangan akhir,” jelas nya.

Ia juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten, dalam penanganan sampah tersebut harus juga di bantu oleh instansi terkait.

“Disini kami tidak bisa hanya masyarakat dan pemerintah Desa saja, ini butuh bantuan dari stek holder lainya, apalagi kami tidak memiliki Armada” jelas nya.

Selain itu masih menurut kepala Desa pastinya dalam penanganan sampah tidak hanya sebatas saat terjadinya terpaan ombak saja.

“Ini kita berbicara jangka panjang dalam penanganan sampah.Sebab, hal ini juga sudah di ketahui oleh Gubernur saat berkunjung di Desa kami, dan mungkin harus ada armada guna pembuangan sampah ke depanya, agar sampah tidak selalu bertumpuk di pesisir,” pintanya.

Terkait hal Armada yang di inginkan oleh masyarakat Desa Teluk sudah di tanggapi Camat Kecamatan Labuan, beliau mengatakan jika sudah meminta kepada sekda melalui surat yang di layangkanya.

” Memang dalam hal sampah, kami juga memikirkan untuk kedepanya, dan armada di situ sangat di butuhkan. Makanya kami layangkan surat permintaan armada kepada sekretaris Daerah melalui Dinas Aset Daerah, disitukan ada armada engkel yang masih layak pakai, eks Kecamatan Pulosari. Kita tunggu responya saja,” terangnya saat di konfirmasi di rumah Dinas.(red)

Reporter : yona.s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.